Monday, January 30

UNIQLO dan Bai Populo Mengeluarkan Motif Batik Sederhana

redbottom-shoes.com – UNIQLO kembali berkolaborasi dengan Bai Soemarlono atau yang diketahui dengan Bai Populo. Koleksi UNIQLO Batik Motif Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo ini akan diluncurkan secara legal pada 4 April akan datang. Kolaborasi ini yaitu bentuk apresiasi kepada kekayaan seni dan tradisi Indonesia via perpaduan koleksi LifeWear yang nyaman dan berkwalitas dengan desain motif batik eksklusif yang dapat dipakai sehari-hari.

Marketing Director & E-Commerce Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia, Daniel Pieter Sumual, mengatakan UNIQLO bermufakat dan mensupport para artis Indonesia dalam melestarikan tradisi Indonesia. “Salah satunya dengan kembali berkolaborasi bersama Bai Soemarlono via koleksi dengan desain eksklusif yang memadukan estetika dan karakteristik dari Batik Motif melainkan konsisten nyaman dan stylish yang cocok dengan skor dan konsep LifeWear khas UNIQLO,” ujarnya dalam keterangan pers. ‘Kolaborasi ini diinginkan dapat memberikan ide berpakaian batik motif khas Indonesia untuk dipakai sehari-hari.”

UNIQLO Kolab Dengan Bai Populo

Lewat desain pada kolaborasi hal yang demikian, Bai Soemarlono juga mengangkat skor-skor yang membawa masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan untuk kehidupan yang lebih nyaman. “Dunia kita sedang menghadapi dua tantangan besar yang amat erat hubungannya: krisis iklim dan efek pandemi. Keduanya cuma bisa dipecahkan bila umat manusia stop menerapkan alam sebagai sumber kekuatan dan sebaliknya memahami bahwa kita hanyalah komponen dari alam,” ujar Bai Soemarlono.

Motif batik dalam kolaborasi ini ini didasarkan pada filosofi Jawa untuk menghormati alam sebagai ekosistem yang lebih besar. Tak cuma meliputi kemauan untuk perubahan namun juga menunjang kita seluruh untuk berbuat. “Kami membikin desainnya dalam skala yang lebih kecil dengan menerapkan warna monokromatik simpel untuk menekankan gagasan supaya hidup serasi dengan ekosistem,” tambah Bai Soemarlono.

Koleksi UNIQLO Batik Motif Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo ini terdiri dari 9 produk, berupa kemeja pria dengan 6 motif dan 6 warna, serta 1 motif blus wanita dengan 3 alternatif warna yang keseluruhan motifnya mempunyai makna dan cerita berbeda satu sama lain.

Berikut ini motif batik yang dipakai dalam kolaborasi Uniqlo dan Bai Populo

1. Sido Mukti

Pola diagonal bergelombang yang mewakili kemauan untuk saling terkait dan maka memunculkan janji dan pencapaian. Secara tradisional motif ini dikenakan oleh pasangan pengantin. Motif ini melambangkan konektivitas kepada orang lain yang selama pandemi susah namun amat penting bagi kehidupan. Kecuali itu, juga melambangkan kekerabatan dengan alam dimana menyadarkan bahwa kita cuma komponen dari jaringan yang lebih besar. Pola ini dipakai pada blus wanita dengan 3 warna alternatif yang bisa dipakai untuk beragam peluang.

2. Tirto Tedjo

Tirto Tedjo melambangkan sungai atau air. Tirto yang berarti air dan Tedjo untuk sinar, melambangkan aliran sinar konstan yang melambangkan optimisme. Sekali lagi motif ini membahas dua tantangan utama kehidupan kita ketika ini, yaitu krisis iklim dan pandemi.

3. Sisik Ikan (Grinsing)

Pola sisik ikan melambangkan perlindungan. Pola ini lazimnya dipakai oleh para orang tua untuk membalut bayi yang baru lahir. Secara bahasa “Gringsing” artinya tak sakit (Gering = sakit dan Sing = tak) yang diistilahkan sebagai pelindung bayi dari penyakit. Motif ini juga menyatukan keperluan umat manusia akan perlindungan kepada krisis iklim dan pandemi.

4. Cakar Ayam

Ayam diperhatikan sebagai binatang yang rajin menggali tanah dikala berburu makanan menerapkan cakar (kaki) melambangkan kemauan dan hidup mandiri. Motif ini mempunyai kaitan yang kuat dengan kekerabatan kita dengan alam. Motif ini melambangkan jejak kaki hewan di tanah, di mana seluruh sumber kehidupan berakar.

5. Air Terkurung

Motif air padat yang terkurung diwujudkan dengan garis yang digambar tangan menyusun pola kotak-kotak. Tapi secara natural, air tak dapat dikurung sebab akan senantiasa mengalir di luar sangkar. Motif ini bermakna bahwa kita tak boleh memegang alam, namun cuma dapat mengambil komponen kita dalam ekosistem.

6. Bintang

Bintang ialah simbol perlindungan dan kekuatan positif serta mempunyai banyak makna spiritual dari iman, kemauan dan kejelasan. Motif ini juga menandakan sebuah permulaan yang baru yang merujuk pada perubahan iklim serta pandemi. Pada ketika yang sama, ini ialah motif yang total untuk bulan Ramadhon (bintang Ramadhon).

7. Gunung

Gunung melambangkan kecakapan untuk menaklukan atau menyelesaikan hal tertentu serta merepresentasikan kerja keras dan ambisi yang kuat. Motif ini mewakili petualangan baru dan menunjang kita untuk memperluas kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *